Sabtu, 02 September 2017

Keuntungan Dan Kerugian Dari Plc

Keuntungan Dan Kerugian Dari Plc

Di industri yang ada saat ini, kehadiran PLC sangat dibutuhkan terutama untuk mengganti sistem pengkabelan atau pemasangan kabel yang sebelumnya digunakan dalam mengendalikan suatu sistem. Dengan menggunakan PLC akan mendapatkan banyak manfaat yaitu sebagai berikut:
1. Fleksibel
Dulu, masing-masing perangkat elektronik berbeda dikendalikan oleh masing-masing pengendali. Misalkan sepuluh mesin membutuhkan sepuluh pengendali, tapi sekarang hanya dengan sepersepuluh mesin PLC dapat dijalankan dengan setiap program.
2. Perubahan dan sistem koreksi kesalahan lebih mudah
Jika satu sistem akan dimodifikasi atau diperbaiki, perubahan hanya dilakukan pada program yang ada di komputer, dalam waktu yang relatif singkat, setelah itu didownload ke PLC. Jika tidak menggunakan PLC, misalnya relay amandemen yang dibuat dengan mengubah kabel kabel. Kursus ini memakan waktu lama.
3. Jumlah kontak banyak
Jumlah kontak yang dipegang oleh PLC pada setiap koil lebih banyak daripada kontak yang dipegang oleh sebuah relay.
4. lebih murah
PLC mampu menyederhanakan banyak pemasangan kabel dibanding relay. Jadi harga PLC dengan harga lebih murah dari beberapa buah relay mampu melakukan pemasangan kabel dengan jumlah yang sama dengan PLC. PLC meliputi relay, timer, counter, sequencer, dan fungsi lainnya.
5. Kecepatan operasi
Kecepatan operasi PLC lebih cepat dari pada relay. Speed ​​PLC scan time ditentukan oleh satuan milidetik.
6. Tahan uji karakter
Perangkat solid state lebih tahan daripada relay dan uji timer mekanik atau listrik. PLC adalah perangkat solid state yang lebih tahan uji.
7. Menyederhanakan komponen sistem kontrol
PLC juga memiliki counter, relay dan komponen lainnya, sehingga tidak memerlukan komponen seperti tambahan. Penggunaan relay membutuhkan penghitung, penghitung waktu atau komponen lainnya sebagai peralatan tambahan.
8. Dokumentasi
Cetakan PLC bisa langsung didapat dan tidak perlu melihat cetak biru sirkuitnya. Berbeda dengan rangkaian relay printout yang tidak bisa didapatkan.
9. Keamanan
Mengubah PLC tidak bisa dilakukan kecuali PLC tidak terkunci dan terprogram. Jadi tidak ada orang yang tidak berhak dapat mengubah program PLC agar PLC terkunci.
10. Dapat melakukan perubahan dengan memprogram ulang
Karena PLC dapat diprogram dengan cepat mereset proses produksi sehingga campurannya bisa selesai. Misalnya bagian B akan dieksekusi tapi bagian dari A masih dalam proses, proses di bagian B dapat diprogram ulang dalam hitungan detik.
11. Penambahan sirkuit yang lebih cepat
Pengguna dapat menambahkan pengendali rangkaian kapan saja dengan cepat, tanpa memerlukan usaha dan biaya yang besar seperti pada pengendali konvensional.
Selain manfaat yang disebutkan di atas, ada kerugian yang dimiliki oleh PLC, yaitu:
12. Teknologi masih baru
Mengubah sistem kontrol lama menggunakan tangga relay atau konsep komputer PLC sulit bagi sebagian orang
13. Buruk untuk program aplikasi yang tersisa
Beberapa aplikasi adalah aplikasi dengan fungsi tunggal. Pada aplikasi dengan satu fungsi jarang dilakukan bahkan tidak berubah sama sekali, sehingga penggunaan PLC dalam aplikasi dengan fungsi tunggal akan menjadi pemborosan (cost).
14. Pertimbangan lingkungan
Dalam sebuah proses, lingkungan mungkin mengalami panas tinggi, kontak langsung getaran dengan peralatan listrik di dalam PLC dan acara ini terus menerus, sehingga mengganggu performa PLC yang tidak berfungsi optimal.
15. Beroperasi dengan sirkuit tetap
Jika rangkaian dalam operasi tidak berubah maka penggunaan PLC lebih mahal dibandingkan dengan peralatan kontrol lainnya. PLC akan lebih efektif jika program pada proses diupgrade secara berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar